14 Juni 2021

Uji Coba Mobil Listrik PLN Singgah di Surabaya Sebelum Bali

Jakarta, badung.info – Mobil listrik milik PT PLN atau Perusahaan Listrik Negara singgah di Surabaya untuk mengisi daya dalam uji coba rute perjalanan Jawa-Bali.

Komisaris PT PLN Dudy Purwagandhi mengatakan uji coba perjalanan jarak jauh ini berangkat dari Jakarta pada Jumat, 25 Desember.

“Sebelum di Surabaya, kami telah mengisi daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU yang disediakan PT PLN di Cirebon, Jawa Barat, serta Semarang dan Sragen, Jawa Tengah,” ujarnya di Surabaya pada Sabtu, 26 Desember 2020.

Dudy, yang memimpin rombongan uji coba, menyampaikan bahwa misi perjalanan ini wujud komitmen dukungan PT PLN terhadap perkembangan mobil listrik di Tanah Air. Selain itu, juga implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

“Uji coba ini untuk melihat kesiapan infrastruktur SPKLU yang sudah disiapkan oleh PLN agar pengguna mobil listrik dalam perjalanan menempuh jarak jauh bisa aman dan nyaman,” ucapnya.

Menurut Dudy, SPKLU di Jawa Timur tersedia di Surabaya, Situbondo, Paiton, dan Banyuwangi.

Hingga 2025, PLN dibantu anak usahanya, PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), dengan menggandeng berbagai pihak termasuk swasta. PLN menyatakan siap membangun 2.400 SPKLU untuk mobil listrik di seluruh Indonesia.

Direktur Pengembangan dan Niaga PT PJB Iwan Purwana memastikan siap membantu PLN, sebagai perusahaan induknya, untuk mendirikan SPKLU.

“Salah satunya kami membantu pendirian SPKLU di Denpasar dan wilayah Bali Selatan, yang bekerja sama dengan unit distribusi. Tenaganya dari matahari,” katanya.

Source TMP.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *