13 Juni 2021

Penyakit Jantung Kumat, Nakhoda Meninggal di Atas Kapal

GEROKGAK, badung.info – Abdul Kadir, 55, meregang nyawa saat melaut di perairan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Jumat (1/1) siang. Pria yang merupakan nahkoda Kapal KM Asia Persada itu, diduga meninggal akibat penyakit jantung yang dideritanya.

Kepala Pos SAR Buleleng Dudi Librana Marjaya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon Jumat (1/1) sore, membenarkan peristiwa tersebut.

Dudi menyebut, korban yang merupakan warga Kota Surabaya, Jawa Timur awalnya berangkat dari Pelabuhan Tarjun, Kota Baru, Kalimantan Selatan dengan 21 anak buah kapal (ABK) dan akan sandar di Pelabuhan Celukan Bawang pada Jumat siang.

Sayangnya, ketika kapal pengangkut semen tersebut sudah berada posisi 6 kilometer sebelah utara pelabuhan, tiba-tiba sekitar pukul 11.00 Wita, penyakit jantungnya kambuh. 

Tim gabungan yang terdiri dari personel Pos SAR, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Celukan Bawang, Polsek Celukan Bawang, TNI AL, langsung melakukan evakuasi.

“Kami terjunkan 8 orang personel melakukan evakuasi dengan menggunakan Rib dan sandar di KM Asia Persada. Sebelumnya KKP sudah lebih dulu memeriksa kondisi korban. Saat dievakuasi dan dibawa ke darat sekitar pukul 14.00 Wita, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia,” ujar Dudi.

Jenazah korban kemudian dievakuasi untuk dibawa ke RSUD Buleleng menggunakan mobil ambulance PMI Buleleng. Hingga berita ini diturunkan, jenazah korban masih dititipkan di RSUD Buleleng.

Terpisah, Kapolsek Celukan Bawang, AKP I Made Suwandra menegaskan jika korban meninggal dunia akibat serangan jantung. Mengingat korban memiliki penyakit bawaan dan sudah lama mengonsumsi obat-obatan.

Karena kebanyakan minum obat itu, sebut AKP Suwandra, komplikasi ke jantung. “Sakitnya dalam perjalanan sebelum sandar di pelabuhan, penyakitnya itu kumat, padahal sudah dekat pelabuhan,” jelas Kapolsek Suwandra.

 Polsek Celukan Bawang sudah berkoordinasi dengan keluarga korban. Rencananya, pihak keluarga sendiri yang akan menjemput jenazah untuk dibawa ke rumah duka. 

Source : (bx/dik/rin/JPR)
Editor : ARS