25 September 2021

MEWAH, Dilengkapi Ruangan Ber-AC Hingga Permainan Anak, Proyek Terminal Tipe A Mengwi Rampung

BADUNG – badung.info – Perombakan Terminal Tipe A Mengwi, Kabupaten
Badung, pada bagian Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) kini sudah rampung. Kini penumpang bisa mendapatkan fasilitas mewah seperti Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Pantauan di lokasi pada Jumat (1/1/2021), AKAP pada Terminal Mengwi kini
dilengkapi fasilitas internasional.

Pada bagian AKAP dilengkapi dengan tembok kaca dengan ruangan ber- AC. Tidak hanya itu, pada ruangan tersebut juga terdapat fasilitas permainan anak-anak dan juga terdapat ruangan ibu menyusui.
Sebelum memasuki ruangan AKAP, penumpang maupun pengunjung juga akan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19. Kepala Terminal Mengwi, I Putu Bagus Mudita, saat ditemui di lokasi mengatakan, proyek perombakan pembangunan Terminal Tipe A Mengwi pada bagian AKAP sejatinya sudah rampung pada Minggu (27/12/2020). Hanya saja saat ini masih melakukan beberapa piranti pendukung yang belum kelar. “Seperti penunjuk arah masih belum selesai, termasuk pemasangan listrik dan yang lainnya,” ujar Mudita, kemarin.

Pihaknya mengatakan selain pembangunan AKAP, pembangunan pintu keluar yang dilengkapi dengan candi bentar juga sudah rampung.
Sehingga Terminal Mengwi nantinya akan ditata penuh seperti Bandara Internasional Ngurah Rai. “Semuanya sudah kelar dari penataan lobi depan. Pemasangan pagar pembangunan AKAP dan pembangunan pintu keluar. Namun kedepan akan dilakukan penataan parkir,” jelasnya.
Dengan perbaikan Terminal Mengwi ini diharapkan masyarakat bisa lebih nyaman menggunakan transportasi darat. Bahkan ke depannya, pembelian tiket di Terminal Mengwi akan dilakukan secara online, yang akan memudahkan masyarakat saat bepergian. “Jadi penumpang tidak akan membludak, mereka pasti mengatur waktu pukul berapa dia datang, dan pukul berapa dia berangkat,” bebernya.


Proyek yang mengerjakan puluhan pekerja ini, menurutnya tidak mengganggu aktivitas di terminal. Terminal Mengwi tetap beroperasi seperti biasanya. “Jadi sebelum AKAP dibongkar, kita pindahkan AKAP di belakang dulu. AKAP yang semulanya di bagian depan itu yang dibongkar,” jelasnya. Seperti diketahui, untuk merombak Terminal Mengwi, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan menyiapkan dana Rp. 35 miliar. Pengerjaan rehab bangunan dilakukan selama dua tahun, dari 2020 sampai 2021. Proyek perbaikan Terminal Mengwi dikerjakan bertahap yakni tahun 2020 direalisasikan anggaran sebesar Rp. 15 miliar dan 2021 sisanya sebesar Rp. 20 milliar. (*)