14 Juni 2021

Kayu dan Ranting Mendominasi Sampah di Pantai Kedonganan

KUTA, badung.info – Sampah kiriman bukan hanya menyerbu Pantai Kuta dan Legian, namun juga merambah ke Pantai Kedonganan. Bedanya, sampah yang menyerbu Pantai Kedonganan didominasi sampa kayu dan ranting, bukan sampah plastik seperti di Pantai Kuta. Pantauan di Pantai Kedonganan, Kamis (7/1/2021), luberan sampah memenuhi areal tambatan jukung para nelayan.

Kabid Pengelolaan Kebersihan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun DLHK Badung, AA Gede Dalem, mengatakan, jenis sampah yang menyerbu Pantai Kuta dan Kedonganan mengalami perubahan. “Kalau dulu sampah kiriman berupa plastik itu lebih banyak menepi di Pantai Kedonganan, bahkan bisa sampai ketebalan 30 cm. Namun sekarang justru di pantai Samigita yang banyak sampah plastiknya,” ungkapnya.

Dia menduga hal ini karena dipengaruhi oleh perubahan arus. Fenomena ini juga diperkirakan Agung Dalem mempengaruhi kondisi pesisir timur yaitu di Tanjung Benoa dan Nusa Dua. Di mana hingga saat ini sampah kiriman maish terus menghampiri.

“Sampah kiriman di kawasan pantai timur biasanya menepi pada saat musim timuran, bukan musim baratan seperti saat ini,” terangnya.

Dikatakan pula, sampah kiriman yang menepi di Kedonganan dan Jimbaran berdasarkan data hingga Senin (4/1/2021) lalu sudah mencapai 20 truk atau sekitar 40 ton. Untuk menyikapi penanganan sampah ini pihaknya mengerahkan puluhan tenaga manual dan 4 buah alat berat.

Source : Denpost
Editor : ARS