25 September 2021

Hari Raya Nyepi, Ini Jadwal Penutupan Pelabuhan Gilimanuk

DENPASAR, badung.info – Pada Hari Raya Nyepi 2021, pintu-pintu masuk Bali yakni pelabuhan dan bandar udara akan menutup layanan selama 24 jam. Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, akan menutup layanan penyeberangan pada Minggu (14/3/2021) pukul 06.00 Wita dan baru dibuka pada Senin (15/3/2021) pukul 06.00 Wita. General Manager ASDP Ketapang Edi Hermawan mengatakan, Gilimanuk baru ditutup pukul 06.00 Wita untuk memberi kesempatan penumpang yang menyeberang ke Jawa. “Kenapa baru ditutup jam 06.00 Wita, takutnya ada orang yang menuju ke Jawa masi ada di jalanan. Jadi diusahakan jam 05.00 Wita itu sudah ada di pelabuhan,” katanya saat dihubungi, Kamis (11/3/2021).

Ketapang ditutup lebih awal karena masih memberi kesempatan penumpang yang sampai di Bali masih ada waktu perjalanan ke rumah masing-masing sebelum Nyepi. “Karena kita perkirakan mereka jam 02.00 Wita nyampe Bali dan masih bisa perjalanan ke rumah masing-masing dalam waktu empat jam,” kata dia. Kebijakan di atas juga berlaku di Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali. Ia mengatakan, hingga saat ini arus penyeberangan di Ketapang-Gilimanuk belum ada peningkatan signifikan. Ia memprediksi peningkatan orang keluar-masuk Bali jelang Nyepi pada 12 dan 13 Maret 2021. “Belum terlihat peningkatan karena masih ada dua hari ke depan,” kata dia.

Kebijakan ini merujuk notice to airmen (Notam) nomor 0357/21 NOTAMN. Dengan demikian, semua penerbangan baik datang dan berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ditiadakan. “Kebijakan ini dikecualikan untuk penerbangan yang bersifat darurat,” kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado dalam keterangan tertulis, Kamis.

Editor : Khairina