25 September 2021

Diskominfo Badung Tunggu Arahan Pemprov Bali Terkait Wifi Banjar Saat Nyepi

MANGUPURA, badung.info – Saat perayaan Hari Raya Nyepi, biasanya semua akses masyarakat dibatasi, bahkan jaringan internet juga dimatikan.

Kendati demikian semua itu dilakukan untuk mensukseskan pelaksanaan Catur Brata Penyepian yang dilakukan oleh umat hindu di Bali.

Dalam melaksanakan Catur Brata Penyepian yang dimaksud yakni amati geni atau tidak menyalakan api, amati karya atau tidak bekerja, amati lelungan atau tidak bepergian, dan amati lelanguan atau tidak bersenang-senang.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kabupaten Badung belum mendapat petunjuk untuk pemadaman wifi.

Kendati demikian, jika tidak ada instruksi dari pemerintah Provinsi Bali atau yang lainnya, wifi yang terpasang di semua Banjar di Badung akan tetap dinyalakan.

Meski demikian kominfo sifatnya menunggu arahan lebih lanjut.

“Nyepi kan belum, mungkin nanti ada tindak lanjut terkait dengan wifi saat Hari Raya Nyepi,” ujar Kepala Dinas Kominfo Pemkab Badung I Gusti Ngurah Jaya Saputra yang dikonfirmasi Kamis 4 Maret 2021.

Dirinya mengakui seperti sebelumnya jaringan internet diputus sementara saat Hari Raya Nyepi. Hingga kini Kominfo masih menunggu edaran dari Provinsi terkait koneksi internet di Tahun Baru Caka 1943.

“Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak terkait serta menunggu edaran dari provinsi.

Jika sudah ada instruksi untuk memutus jaringan internet akan kami tindak lanjuti dengan non aktifkan jaringan wifi selama satu hari,” katanya.

Source : Tribun News